23 Maret 2009

MOTIVASI

Motivasi merupakan kata kunci yang menentukan apakah impian seseorang bisa tercapai atau tidak. Motivasi bisa diwujudkan dalam dua hal yaitu Rasa Takut dan Impian. Yaps keduanya akan kita coba pelanjari sedikit..

RASA TAKUT
Rasa takut merupakan mekanisme yang alamiah yang biasa dimiliki oleh setiap orang. Hal itu terjadi karena melihat sesuatu yang ada dari luar diri kita yang membuat kita merasa dalam posisi terancam. Rasa takut inilah yang mendorong kita melakukan sesuatu yang lebih dari biasanya sehingga kita kembali menjadi aman.
Contohnya seperti ini: Pada negara-negara dengan 4 musim, musim dingin adalah musim yang paling ekstrim karena semua tumbuhan mati di musim ini. Kelaparan pun tidak jarang terjadi di zaman dahulu. Oleh karena itu, banyak orang mulai berpikir bagaimana cara supaya tidak kelaparan di musim dingin. Dan hasilnya, mereka mulai menyimpan makanan pada musim-musim lain untuk cadangan sewaktu musim dingin. Mereka bekerja dengan lebih keras. Bandingkan dengan orang yang ada di daerah khatulistiwa atau yang tidak mengalami musim dingin ini.

IMPIAN
Impian akan menjadi sumber tenaga yang berasal dari dalam diri seseorang. Impian ini bisa mendorong kita untuk melakukan hal-hal besar bahkan hal-hal yang belum pernah terpikirkan sama sekali oleh orang lain, Contoh: Wright bersaudara yang memimpikan bahwa suatu saat manusia bisa terbang, dan akhirnya mereka menemukan apa yang dinamakan pesawat terbang. Impian dapat mengalahkan akal sehat.

Point yang bisa kita terapkan adalah:
  1. Perkuat impianmu sehingga dapat menjiwai kehidupan sehari-harimu
  2. Buat rencana yang dapat mencapai impianmu
  3. Laksanakan rencana itu :) :)

Tidak ada komentar: