30 Maret 2009

Kartu Ucapan yang Menyadarkanku

Hidup ini mudah, berubah itu mudah dan semuanya terasa mudah. Jika saja semua ini benar. Berapa sering kita melihat seseorang yang sukses dalam berbagai aspek kehidupan dan berharap bahwa orang itu adalah kita. Rasanya koq mudah sekali bagi mereka. Tapi, ternyata semua tidak semudah yang dibayangkan. Tapi, apa yang membuatnya berbeda, apa yang membuat kesuksesan orang lain terlihat begitu mudah?

Beberapa saat lalu, saya dihadapkan pada sesuatu yang rasanya seperti membentur tembok keras. Sesudah mengundurkan diri dari perusahaan untuk berpindah ke tempat lain yang lebih bagus, ternyata tempat yang baru tidak sehijau yang seperti dibayangkan semula, bahkan tidak ada satupun rumput yang tumbuh. Apa pun yang saya coba lakukan, saya selalu gagal. Akhirnya, saya mencoba membangun usaha sendiri, dan kembali saya mengalami kegagalan.

Saya mulai merasa ragu atas rasa percaya diri saya; mungkin saya telah membuat satu kesalahan besar. Mungkin, saya sebaiknya kembali saja ke kantor yang lama. Paling tidak, pekerjaan itu terasa lebih aman. Disaat saya sedang berpikir mengenai masa depan, saya menerika sebuah kartu ucapan melalui email dari seorang kawan yang mengetahui perjuangan saya saat ini. Kartu itu berbunyi: "Tetaplah tekun; ketekunan akan membawa hasil disaat semua gagal ".

Saya duduk sambil membaca kartu itu, sekali, dua kali, tiga kali. Apa artinya kata-kata ini buat saya? Apakah kata-kata ini hanya itu, kata-kata, tidak berarti sama sekali? Ketika anda dihadapkan pada masa depan yang tidak pasi, ketika segala yang anda coba selalu gagal, mungkin kata-kata ini ada benarnya juga, lebih dari yang kita sadari.

Mungkin, saya belum menemukan resep yang cocok untuk menjadi sukses. Di sisi lain, mungkin saya menyerah terlalu cepat. Pernah dengar kata-kata: "Bangun dan Isilah kembali". Jika anda belum pernah, bagi saya itu berarti bahwa saya harus mulai bangkit lagi tapi kali ini harus lebih memperhatikan kata-kata "ketekunan akan membawa hasil disaat semua gagal ".

Untuk memperpendek cerita, saya memang kemudian menjadi lebih tekun; ketekunan ditambah dengan kesabaran akan memberikan hasil nyata disertai dengan kesabaran bahwa sesuatu yang baru tidak akan menuai kesuksesan dalam semalam. Lagipula dalam pekerjaan saya dulu, saya telah menginvestasikan pendidikan dan pelatihan yang saya terima selama bertahun-tahun agar dapat meraih kesuksesan. Kenapa kini hal itu menjadi berbeda ketika saya memulai usaha baru?

Kegagalan adalah ketidakmampuan untuk belajar dari kesalahan anda. Keberhasilan adalah kemampuan untuk belajar, menjadi lebih tekun, menjadi lebih tegar guna mencapai tujuan anda. Hidup dapat dipenuhi dengan berbagai kegagalan, tetapi hanya mereka yang tidak memiliki keteguhan hati yang akan menerima kegagalan tersebut.

-gfreshmag-

Tidak ada komentar: