18 Januari 2010

MANAJEMEN WAKTU

MANAJEMEN WAKTU
Efesus 5:16

Waktu merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan seseorang. Tuhan memberikan waktu yang sama bagi setiap orang, tidak ada manusia yang memiliki waktu lebih panjang setiap harinya, semua sama. Namun cara seseorang memandang waktu dan memanfaatkannya yang membuat keberhasilan dan pencapaian setiap orang dalam hidup berbeda-beda.

Dalam terjemahan NKJV, kata ‘pergunakanlah’ dari ayat di atas diartikan sebagai ’selamatkanlah’ yang memiliki pengertian sama seperti pada kata selamatkanlah dalam kalimat : ‘Selamatkanlah harta bendamu’. Artinya, kata tersebut berkaitan dengan sesuatu yang tidak hanya penting, namun genting, berbahaya dan segera tanpa ditunda.

Kita mengetahui bahwa hari-hari ini adalah jahat, artinya kejahatan semakin merajalela dan kita harus menyelamatkan waktu yang ada supaya kita terlepas dari bahaya.

Bagaimanakah cara kita untuk mengatur / me-manage waktu dengan baik :
1. Kita perlu memiliki TUJUAN
Kalau kita perhatikan dari Kejadian pasal pertama, di saat penciptaan, dengan jelas kita dapat melihat bagaimana Tuhan mengatur proses penciptaan itu dari hari ke hari. Semua berjalan tepat waktu dan tertib. Itu bias terjadi karena Tuhan telah menetapkan tujuan atau goal dari setiap hari dalam proses penciptaan tersebut.Dari situ kita bisa belajar bahwa penting bagi kita untuk menentukan tujuan terlebih dahulu, baik dalam jangka pendek, menengah ataupun jauh. Dengan demikian kita bisa mengatur bagaimana tujuan-tujuan tersebut dapat kita raih. Cobalah aplikasikan di dalam agenda hidup kita sehari - hari.

2. Kita perlu memiliki PRIORITAS
Waktu memanglah terbatas. Satu hari = 24 jam. Semua orang memiliki waktu yang sama dan memiliki keterbatasan yang sama. Namun cara seseorang menentukan prioritas dalam hidup menentukan keberhasilan dan pencapaian orang tersebut dalam hidup. Kita tidak bisa menyelesaikan hal secara bersamaan, untuk itulah kita perlu menentukan prioritas. Prioritas membantu kita untuk memilih yang terbaik. Kita dapat melihat dari kisah Maria dan Marta di Lukas 10:38. Prioritas akan menentukan hasil yang kita capai di dalam hidup.

3. Kita perlu memiliki PRINSIP ICU
Kita tidak pernah tahu kapan waktu kita di bumi ini akan ‘habis’. Oleh karena itu kita harus senantiasa menanggap setiap hari, setiap saat adalah penting sehingga kita menjadi bijak di saat menghabiskan waktu kita. (Matius 24:36) Cobalah bayangkan kalau kita mengetahui bahwa pada suatu hari di depan waktu kita habis, pasti kita akan berusaha mengatur dengan bijak segala sesuatu di dalam hidup agar di saat waktu kita benar-benar habis, kita telah mencapai tujuan-tujuan hidup kita.

Hidup adalah sebuah pertandingan, Paulus menggambarkan dengan jelas bagaimana kehidupan seorang Kristen seperti seorang olahragawan. Dan pertandingan senantiasa berkaitan dengan waktu. Jika kita hendak berkemenangan di dalam hidup, mencapai tujuan - tujuan yang telah Tuhan taruhkan di hati kita, maka kita harus mengatur waktu kita dengan baik mulai dari saat ini! Amin

Tidak ada komentar: